Minggu, 20 Maret 2016

Pengalaman Pramuka
Hari Sabtu tanggal 27 Februari 2016 anak-anak Labschool Jakarta akan melakukan pelantikan pramuka di Studio Alam TVRI. Kita akan dilantik agar menjadi penggalang
Pramuka SMP Labschool Jakarta
Nomor gudep 03.359 – 03.360. Kita berangkat dari Labschool jam 7. Sebelum berangkat kita melaksanakan apel pembukaan yang dipimpin Kak Ali Chudori. Kita berangkat dari Labschool sekitar 30 km atau lebih. Perjalanan itu mengambil waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Studio Alam TVRI. Pada saat keberangkatan kita berangkat menggunakan Tronton, 1 tronton berisi 3 regu. Keadaan di dalam tronton sangat pengap. Di dalam tronton berasa sangat sempit. Pada saat kita sampai disana kita melaksanakan apel pembukaan pelantikan pramuka. Pada saat apel semua ketua regu siberi tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya. Kita diberikan selembar soal berisi soal kepramukaan. Lanjut ke kegiatan berikutnya setelah semuanya telah menyelesaikan soal, kita diperintahkan secara per-regu berjalan menuju Pos 1. Di Pos 1, kita ditanyakan tentang Trisatya dan Dasadarma oleh kakak senior. Setelah menjawab soal-soal, kita diberikan kertas untuk dituliskan nama yang digunakan sebagai tanda bukti telah melewati pos-pos yang kita lewati dan diperbolehkan lanjut ke pos berikutnya. Di Pos 2 kita melakukan tes semaphore. Selanjutnya di Pos 3 kita membuat tandu yag menggunakan tongkat bambu dan tali pramuka yang menggunakan teknik sampul pangkal dan jangkar. Setelah selesai membuat tandu. Di pos berikutnya, yaitu Pos 4 kita melaukan halang rintang. Halang rintangnya adalah membawa seorang ‘pasien’ yang sakit menggunakan tandu yang telah
 
dibuat melewati rintangan yang ada. Pasien tersebut merupakan salah satu anggota regu. Kita tidak diperbolehkan untuk menyentuh tali-tali yang sudah dipasang, menyebabkan kita diharuskan jongkok sambil membawa pasien. Setelah melewati tali, kita harus memasukan pasien melewati hula hup yang sudah tergantung dan hanya menginjak beberapa daerah tanah yang ditandai dengan huruf. Kegiatan tersebut sangat melelahkan namun dengannya kita dapat lebih melatih kekompakkan.
Saat sudah menyelesaikan rintangan di Pos 4, kita kembali ke tempat semula awal dan disana terdapat 2 lagi pos yang kita harus lewati. Kita menuju Pos 5 yaitu PBB. PBB dalam Pramuka cukup berbeda dengan PBB biasanya. Bedanya PBB Pramuka adalah ia menggunakan tongkat sehingga gerakan yang dilakukan berbeda. Lalu, kita ke Pos 6 yaitu Kode Morse. Kita meminta kertas soal dan mulai mengerjakan dengan cepat. Saat sudah selesai, kita mengumpulkan SKU ke ketua regu untuk ditanda tangani.
Kita diberikan waktu untuk istirahat yang juga digunakan untuk sholat dan makan. Kita melaksanakan sholat lalu makan bersama regu masing-masing. Setelah selesai makan, kita dikumpulkan kembali dan berbaris sesuai regu masing-masing.
Persiapan apel pelantikan dilakukan. Setelah beberapa kali mengulang dan mengulang. Kita pun akirnya melakukan apel pelantikan resmi, sebelumnya kita dibagikan pita nomor gudep untuk dipasang saat apel. Setelah selesai apel, kita pun mengambil barang dan kembali ke tronton. Setelah sejam di tronton kita pun akhirnya sampai di sekolah. Lalu pulang ke rumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar